Jumat, 04 Juni 2010

Ngemil Malam dan Kerusakan Gigi

Anda doyan ngemil di malam hari? Sebaiknya kurangi kebiasaan itu. Menurut para peneliti Universitas Kopenhagen, Denmark, ngemil di malam hari dapat menyebabkan kerusakan serius pada gigi.
Pemimpin peneliti Dr Jennifer Lundgren menganalisa rekam medis 2.217 warga Denmark. Sebanyak 173 (8%) dari mereka tergolong gemar makan di malam hari, yakni mengkonsumsi seperempat atau lebih kalori harian mereka setelah makan malam atau mereka bangun di tengah malam setidaknya dua kali seminggu untuk ngemil.
Setelah enam tahun, tim Lundgren mencatat apa yang terjadi pada mereka. Hasilnya, mereka yang suka ngemil di malam hari kehilangan lebih banyak gigi. Para peneliti mengtatakan air liur cenderung mengering di malam hari. Padahal, air liur dibutuhkan untuk membuang sisa-sisa makanan di dalam mulut. Lundgren dan timnya pun menyarankan kepada para dokter gigi untuk menyampaikan risiko-risiko itu kepada pasien mereka.
"Para praktisioner mesti menyadari implikasi kebiasaan makan di malam hari, meningkatkan pemindaian, dan upaya pendidikan kesehatan gigi serta mulut di kalangan penggemar gnemil di malam hari", katanya (dikutip dari Media Indonesia Edisi Jumat, 4 Juni 2010)
Apakah Anda suka ngemil di waktu malam? Awas hathati lho! Nanti lama-kelamaan akan menggenapi lagu anak-anak, "Burung kakak tua, kakek sudah tua, giginya tinggal dua"....he..he....Jangan biarkan Anda 'malu' tertawa karena 'kehabisan gigi'.....
Tersenyumlah dengan gigi Anda yang utuh........zz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar